Diberdayakan oleh Blogger.

Surat - Surat Al Quran yang Disunahkan Sering Dibaca

Posted on
  • Jumat, 06 Februari 2015
  • by
  • ikadikobar
  • in
  • Label:

  • Saudaraku sekalian..., tahukah anda tentang surat dalam Al Quran yang dianjurkan untuk sering dibaca selain kegiatan mengkhatamkan Quran setiap bulannya?

    Diantara wirid Qur'an yang perlu rutin dibaca tiap hari adalah membaca surat - surat berikut : Yasiin, Ad-Dukhan, Al-Waqi'ah, dan Tabaraka (Al Mulk). Dan, lebih ditekankan pada hari dan malam Jum'at. Kemudian ditambah dengan surat Al-Kahfi dan Ali Imran.

    Banyak anjuran Rasulullah yang menerangkan hal itu, antara lain :
    1. Ma'qil bin Yasar ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Jantung AL-Qur'an adalah surat Yasin. Tidaklah seseorang membacanya dalam rangka menginginkan ridha Allah dan kampung akhirat, kecuali Allah akan mengampuninya. Bacalah surat itu untuk orang-orang yang akan meninggal dari kalian." (h.r. Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i, dan yang lainnya)
    2. Abdullah bin Mas'ud ra. berkata "Barangsiapa membaca 'tabarakalladzi biyadihil mulku...' setiap malam, maka dengan surat itu Allah akan mencegahnya dari adzab kubur. Pada zaman Rasulullah kami menamakan surat itu "Al-Mani'ah" (yang mencegah). Surat tersebut dalam Al-Qur'an; barangsiapa membacanya pada waktu malam, maka dia telah memperbanyak (tilawah) dan memperbaikinya." (h.r. Nasa'i, dan Hakim meriwayatkan hadis serupa serta menyatakannya shahih)
    3. Dalam hadis Abu Hurairah ra. disebutkan "Barangsiapa  membacaa surat "haa miim Ad Dukhan" setiap malam, maka pagi harinya ada tujuh puluh ribu malaikat memohonkan ampun untuknya." (h.r. Tarmidzi dan Al-Ashabani)
    4. Dalam hadits Abu Sa'id Al Khudri ra. disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, Allah akan meneranginya dengan cahaya di antara dua Jum'at. (h.r. Nasa'i dan Baihaqi secara marfu')
    5. Ibnu Abbas ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa membaca surat yang didalamnya disebut (kisah) keluarga Imran pada hari Jum'at, Allah akan mendoakannya dan juga para malaikat-Nya sampai terbenamnya matahari." (h.r. Thabrani, dalam kitab Al-Ausath dan Al-Kabir")
    6. Terdapat banyak atsar yang marfu' (sanadnya sampai pada Rasulullah saw.) dan yang mauquf (sanadnya hanya sampai pada sahabat) dari Abdullah bin Mas'ud tentang keutamaan surat Al-Waqi'ah. Apalagi didalamnya terdapat ayat tentang hari kebangkitan, hari pembalasan, dan argumentasi yang kuat tentang hal itu, hingga tidak meninggalkan keraguan-keraguan bagi orang yang berakata. 
    Maka sebaiknya setiap aktivis muslim tidak menghalangi dirinya untuk mendapatkan keutamaan membaca surat -surat tersebut sekali setiap hari, dan pada malam hari lebih utama. Khusus hari Jum'at boleh dibaca sekali dimalam hari dan sekali di siang hari. Sementara waktu ashar hingga magrib (hari Jum'at) untuk membaca Surat Ali Imran. Barangkali itu merupakan waktu dikabulkannya do'a. Maka seorang mukmin akan menggunakan waktunya untuk menyibukkan diri dengan sebaik-baik dzikir, yakni tilawah qur'an, bukan komik, bukan gosip, bukan pula hal sia-sia lainnya. Semoga Allah mengkaruniakan hidayah, taufik dan keistiqomahan untuk mengamalkannya bagi yang baca artikel ini dan bagi siapa saja yang menyebarkannya. amiiin...

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Blogger by Blogger
    Facebook : IKADI KOBAR, My Twitter