Diberdayakan oleh Blogger.

Tafakkur Diri Sendiri

Posted on
  • Senin, 18 Januari 2016
  • by
  • ikadikobar
  • in
  • Label: ,



  • Imam Al Ghazali berkata "bahwa setiap hal yang terdapat di alam ini selain Allah adalah perbuatan Allah dan penciptaan-Nya. Dalam setiap segala sesuatu terdapat berbagai keajaiban dan rahasia yanf menunjukkan kebijaksanaab, kekuasaan, kemuliaan dan keagungan Allah. Tetapi ia tidak dapat dijangkau seluruhnya, karena andai lautan menjadi tinta untuk menulis semua itu maka ia akan mengering sebelum mencapai sepersepuluhnya. 

    Terdapat Terdapat banyak ayat di dalam Al Quran yang mendorong umat manusia untuk tafakkur tentang penciptaan Allah. Di antaranya firman Allah swt, "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal. (Ali 'Imran ayat 190)". Setiap ayat yang berbunyi, " Diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya," mulai dari awal Al Quran hingga akhir menunjukkan anjuran untuk banyak memikirkan ciptaan-ciptaan Allah, maka marilah kita kaji cara-cara tafakkur tentang sebagian tanda-tanda kekuasaan tersebut. 

    Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah ialah manusia yang tercipta dari setetea mani. Dirimu adalah sesuatu yang paling dekat denganmu, dan di dalam dirimu terdapat berbagai keajaiban yang menunjukkan keagungan Allah, dimana bila engkau pikirkan seumur hidup tak akan dapat mengungkap sepersepuluhnya saja. Tapi engkau malah melalaikan hal itu. Bagaimana engkau berambisi untuj mengetahui selain dirimu sedangkan terhadap diri sendiri engkau lalai dan tidak tahu?! 

    Ketahuilah bahwa Allah telah memeribtahkanmu untuk menadabburi proses penciptaan mu, sebagaimana tersebut dalam kitab-Nya yang mulia, "Dan pada dirimu sendiri, maja apakah kamu tidak mwmperhatikan? (Adz-Dzariyat : 21)." Allah menyebutkan bahwa  engkau diciptakan dari setets mani yang menjijikkan dalam firmanNYa :
    "Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya? Dari apakah Allah menciptakannya? Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. Kemudian Dia memudahkan jalannya, kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, kemudian apabila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali (Abasa 17-22)

    Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu menjadi manusua yang berkembang biak. (Ar Rum:20)

    Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkán ( ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakan? (Al Qiyamah : 37-38) 

    Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina, kemudian kami letakkan dia dalam tempat yang kokoh (rahim) sampai waktu yang ditentukan? (Ak Mursalat :20-22)

    Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setetes air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penentang yang nyata. (Yasin : 77)

    Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur. (Al Insan :2)

    Kemudia Allah juga menyebutkan bagaimana setetes mani itu dijadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah itu dijadikan segumpal daging, kemudian segumpal daging itu dijadikan tukabg dalam firmanNYa, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah.... (Al-Mu'Minun :12-14)."

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 Blogger by Blogger
    Facebook : IKADI KOBAR, My Twitter